Rabu, 09 April 2014

Kuliner Makanan dan Oleh-oleh Khas Demak

Berikut adalah berbagai macam Kuliner Makanan dan Jajanan Khas Demak yang patut anda coba dan patut  anda bawa pulang sebagai Oleh-Oleh untuk keluarga ketika anda berwisata ke Kota Wali ini .


1. Buah Belimbing
 

         Kota Demak selain terkenal dengan wisata Religinya kota ini juga terkenal dengan Buah Belimbingnya, buah yang berbentuk seperti bintang ini rasanya manisnya khas beda dari belimbing-belimbing yang ada di kota lain . Nah sewaktu anda berkunjung di kota demak ini anda patut mencoba buah belimbing ini dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah .

2. Jambu Air Delima


 

 Bermula pada tahun 1997 Masyarakat Kota Demak Mulai mengembang biakkan Pohon Jambu.Hingga Sekarang Produksi buah jambu dari Demak sudah memenuhi kebutuhan buah-buahan di Jawa Tengah,dan  masih meluas hingga Jawa Barat Dan Jawa Timur.Sejak Tahun 1997 hingga sekarang banyak sekali areal persawahan padi be rubah menjadi perkebunan Jambu.Hal ini terjadi karena hasil panen jambu lebih  menguntungkan  dan masa panen yang cepat serta  pasar yang mudah.
Warna merah jambu  yang memikat,yang  berarti rasa manis.serta aroma tersendiri yang nikmat dibarengi dengan kelembutan jambu DELIMA.Yang selalu membuat  masyarakat  ketagihan untuk memakanya terus. Jambu delima memmang tidak sebesar jambu citra,tapi jambu delima lebih lembut dan aroma khasnya lebih terasa,dan selalu menimbulkan sugesti yang lembut saat menggigitnya.

3. Sop Balungan Kerbau


  

Sop Balungan Kerbau ini khas Demak yang setiap harinya Rumah makan "Cipto Roso" selalu ramai di kunjungin oleh banyak penikmat sop balungan dari berbagai daerah yang sedang berkunjung di Demak, mereka menyempatkan diri untuk mampir ke Rumah Makan "Cipto Roso" untuk menikmati Sop Balungan Kerbau yg mempunyai rasa khas tersendiri itu.
Jadi ketika anda berkunjung di kota wali ini belum lengkap rasanya jika anda belum mencoba sop balungan kerbau khas demak ini.

4. Sweeke Katak dan Pepes Telur Katak


 


Di kota wali ini juga terdapat makanan khasnya lagi yaitu sweeke katak yang banyak yang menjual makanan ini salah satunya adalah warung Bu Saipah yang setiap harinya banyak yang mengunjungi warungnya untuk menikmati rasa khas dari katak tersebut, ada beberapa jenis masakan katak yang di olah oleh warung Bu Saipah tersebut yaitu ada sweeke katak berkuah,sweeke katak goreng dan ada juga pepes telur katak .
Bagi anda pecintaka makanan dari jenis amfibi ini silahkan anda bisa datang ke warung-warung di demak yang menjual sweeke ini salah satunya warung Bu Saipah ketika anda berkunjung ke Kota Wali ini.

5 komentar:

  1. Itu buah ya vi?kalau makanan beratnya ada nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhe iyaa ada ky..
      bentar yaa lagi proses ini ntar kalau udah pasti di share juga ko :)

      Hapus
    2. Cuman itu ga berasa nov buruan tambahin.
      Hhe

      Hapus
  2. yuyut : hhhe iyaaa yut tuh udah di tambahin,,sok atuh yuk berwisata ke kota wali nyobain jajanan dan makanan khasnya ;;)

    BalasHapus
  3. Katak d sana jadi primadona ya, habis makan katak bisa jago renang gaya katak ga nov?
    Hihihihihi

    BalasHapus